Sebelum mengerjakan latihan soal number ini, saya wajibkan untuk sebelumnya kalian sudah mempelajari materi bersangkutan. Jika belum, silahkan pelajari materi yang sudah saya berikan!
Baca: Materi number.
Petunjuk Mengerjakan
Latihan soal number bahasa inggris yang akan saya berikan ini berjumlah 20 butir soal, semuanya berbentuk pilihan ganda. Soal sanggup saya berikan dengan bentuk angka, kemudian kalian memilih huruf yang paling tepat dari angka tersebut, atau sanggup juga sebaliknya. Selain itu, angka tidak hanya cardinal number saja, tapi sanggup ordinal ataupun fraction number. Soal saya sertai dengan jawabannya serta pembahasan, jadi kalau jawaban kalian salah sanggup tau letak kesalahannya.
Saya menggunakan dua media dalam memperlihatkan latihan soal ini, yakni media interaktif dan manual. Jika media interaktif lelet lantaran jaringan internet kurang baik, kalian sanggup mengerjakan soalnya secara manual pada cuilan bawah.
Latihan Soal Number – Interaktif
Latihan Soal Number – Manual
1) 15 = ...
- A. Fifteen
- B. Fiveteen
- C. Fifty
- D. Fivety
- A. Fifty
- B. Fivety
- A. Fift hundred fivety five
- B. Fift hundred fifty five
- C. Five hundred fifty five
- D. Five hundred fifty fift
- A. Three thousand fift hundred fifty two
- B. Three thousand five hundred fifty two
- C. Three thousand five hundred fivety two
- D. Three thousand fift hundred fivety two
- A. Nine hundred fourty eight
- B. Nine hundred and fourty eight
- C. Nine hundred and forty eight
- A. A thousand two hundred and twenty seven
- B. One thousand and two hundred twenty seven
- A. Two hundred seven thousand three hundred and eighty six
- B. Two zero seven thousand three hundred and eight six
- C. Two thousand seven thousand three hundred and eight six
- D. Two zero seven hundred thousand three hundred and eight six
- A. Nine thousand hundred
- B. Nine hundred thousand
- A. Seven million forty four thousand a hundred and twenty nine
- B. Seven million forty hundred forty four thousand a hundred and twenty nine
- C. Seven million four hundred forty four thousand a hundred and twenty nine
- A. Thirty eight million thirty hundred ninety nine thousand seven hundred and fifty three
- B. Thirty eight million three hundred ninety nine thousand seven hundred and fifty three
- C. Thirty eight million three hundred ninety nine thousand seventy five hundred and three
- A. Four hundred one zero million a hundred ten thousand three hundred
- B. Four hundred ten million one hundred ten thousand three hundred
- A. Five thousand seven hundred ninety eight million forty hundred thirty five thousand seven hundred and seventy
- B. Five Bllion seven hundred ninety eight million four hundred thirty five thousand seven hundred and seventeen
- C. Five billion seven hundred ninety eight million four hundred thirty five thousand seven hundred and seventy
13) Two hundred two billion four hundred thirteen million eight hundred seventy nine thousand two hundred and twelve = ...
- A. 202.430.879.220
- B. 202.413.879.212
- C. 202.433.987.202
- A. Twelfth
- B. Twelveth
- C.Twelvefth
- A. Twenty once
- B. Twenty one
- C. Twenty first
- A. 302th student
- B. 302st student
- C. 302nd student
- A.Two thirt
- B. Two third
- C. Two three
- A. One fourth
- B. A quarter
- C. A fourth
- A. A sixth
- B. A six
- C. One sixth
- A. Three and three fourth
- B. Third and three fourth
- C. Three and third fourth
No | Jawaban | Penjelasan |
---|---|---|
1 | A | Angka belasan selalu diakhiri "teen" kecuali angka 11 dan 12. Angka lima selalu menggunakan fift bila menjadi induk angka (jika 1-100), kalau jadi anak maka tetap menggunakan five (Ini juga terjadi pada beberapa angka mirip angka 2, 3, 4, walau tidak sama persis). |
2 | A | Seperti pada penjelasan saya sebelumnya, gunakan fift bukannya five. |
3 | C | Lima ratusnya tetap menggunakan five walau angka lima menjadi induk lantaran >100. Tapi kalau lima puluhnya, angka lima induk masih harus menggunakan fift, sedangkan angka lima anaknya tentu menggunakan five. |
4 | B | Saya kira sudah jelas, pahami penjelasan saya dari soal sebelumnya. |
5 | C | Masalah forty atau fourty, aturannya mirip seolah-olah angka 5 (kecuali untuk angka 14 tetep fourteen.). Untuk penggunaan and, letakkan setelah ratusan terakhir, tidak wajib sih tapi lebih baik. |
6 | A | 1 sanggup diganti dengan "a", ini lebih baik daripada menggunakan one, walau menggunakan one juga tidak salah. Pilihan B jadi salah lantaran peletakan kata and yang salah, seharusnya setelah ratusan terakhir, bukan sebelumnya. |
7 | A | Jika angka sudah komplik begini, kita selesaikan dulu angka sedikit demi sedikit, pertama selesaikan angka 207 dulu, lantaran dibelakangnya ada tiga digit angka berarti ribuan, tambahin thousand. Kemudian setelah itu, baru kita selesaikan angka selanjutnya yakni 386. |
8 | B | Ingat penjelasan saya sebeumnya, kita selesaikan sedikit demi sedikit, yang pertama terang sembilan ratus maka nine hundred, lantaran dibelakangnya ada 3 digit maka tambahkan thousand. Dibelakangnya ternyata angka nol, jadi tak perlu dituliskan. |
9 | C | Kita selesaikan tujuhnya dulu, lantaran dibellakang ada 6 digit yang berarti jutaan maka ditambahkan million, maka menjadi seven million, kemudian selanjutnya mirip yang sudah saya jelaskan. |
10 | B | Lihat dengan cermat, cukup terang ya? |
11 | B | Cukup jelas. |
12 | C | Cukup jelas. |
13 | B | Cukup jelas. |
14 | A | 12th artinya "ke duabelas", penulisan yang besar yakni twelfth, pilihan B dan C tidak tau itu apa :D |
15 | C | Kalau angka terakhir yakni 1 maka selalu menggunakan simbol st (kecuali 11), itu berarti first. |
16 | C | Kecuali 12, yang berakhiran dengan angka 2 selalu menggunakan simbol nd yang berarti second (second artinya dua/kedua.) |
17 | B | Ketika angka bilangan (fraction) maka angka yang menjadi penyebut menggunakan angka ordinal number, sedangkan angka pembilangnya menggunakan cardinal number. |
18 | B | Kalau pembilangnya 1 maka one diganti a saja, sedangkan kalau penyebutnya 2 maka bukan second tapi half, dan 4 bukan fourth tapi quarter. Jadi ½ yakni a half, dan ¼ yakni a quarter. Kalau penyebutnya angka lain, maka tetap menggunakan ordinal number, misalnya 1/5 maka a fifth. |
19 | A | Cukup jelas. |
20 | A | Kalau bilangan campuran, maka bilangan lingkaran menggunakan angka biasa (cardinal number), sedangkan pecahannya mirip yang saya jelaskan sebelumnya. |
----
Oke ya, itulah 20 latihan soal number bahasa inggris disertai jawaban dan pembahasannya. Semoga latihan soal di atas bermanfaat dan meningkatkan pemahaman kalian. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan sampai jumpa lagi. Sumber https://lincahdanmahiringgris.blogspot.com